Yuk Menulis : Menuju 2030 Indonesia Emas Dengan Literasi Berkualitas.

Opini

Ukhuwah : Lebih Dari Sekedar Persaudaraan

Dalam Islam semua manusia sama statusnya di mata Allah, yang membedakan hanya dari tingkat ketaqwaannya saja. Islam tidak menganjurkan untuk bersifat indivudualis, jika kita lihat di Al-Quran dan Hadits, Allah selalu menyeru kepada kita untuk menjalin hubungan satu sama lain.

Hubungan itulah yang dinamakan Ukhuwah Islamiyah. Kenapa hal ini menjadi sangat istimewa ?

Karena kalau kata Ust Felix Siauw dibukunya yang berjudul “Di Jalan Dakwah Berliku”, Ukhuwah Islamiyah itu tidak harus kita memiliki persamaan. Seperti persamaan adat, budaya, kasta, pendidikan, warna kulit, negara, dll. Cukup dengan sama-sama Islam kita sudah menjadi ukhuwah.

“Mukmin satu sama lainnya bagaikan bangunan yang sebagiannya mengokohkan bagian lainnya.” (HR. Bukhari) Click To Tweet

Dinamika Ukhuwah di Kampus

Desember 2018

Ketika aku semester 2, aku mengikuti tiga organisasi yang tiga-tiganya adalah lembaga dakwah (LD). Mulai dari lembaga dakwah departemen, fakultas, dan universitas. Masing-masing dari organisasi yang aku ikuti memiliki satu kesamaan, yaitu terdapat pada ukhuwahnya yang menggunakan sistem kekeluargaan.

Setahun telah kulalui lika-liku organisasi. Banyak pembelajaran berharga yang kudapati dari organisasi ini, seperti

  • Memimpin rapat
  • Menjadi Event Organizer
  • Manajemen waktu
  • Belajar berpendapat
  • Belajar ngomong didepan umum (public speaking)
  • dan masih banyak lagi.

Dari beberapa manfaat yang kutulis diatas, ada satu yang melebihi itu semua. Yaitu menambah teman dan mencetak persahabatan baru.

Karena di UI terdapat 13 fakultas, aku jadi kenal setidaknya satu orang dari masing-masing fakultas. Jika di fakultasku terdapat 7 departemen dan satu program internasional, setidaknya aku mengenal satu dari masing-masing departemen dan program internasional.

Dari perkenalan itulah terukir yang namanya Ukhuwah Islamiyah.

Disini kita akan belajar bagaimana menghadapi orang yang heterogen (berbeda-beda). Mulai dari yang introvert sampai yang over-ekstrovert atau ada memiliki satu kelebihan khusus seperti mendesain, baca quran, bisnis, bahasi asing, dll.

Dari keheterogenan inilah kita dapat belajar banyak hal dari mereka dan dapat meminta bantuan kepada mereka yang ahli di satu bidang. Misalnya kita tidak bisa desain, dengan ukhuwah yang kita bentuk kita dapat minta tolong kepada saudara kita.

Desember 2018

Bukan hanya itu, bagi kamu yang pria sholeh pasti sedang masa pencarian, kan ?

Dengan ber-ukhuwah di lingkungan kampus kita jadi saling mengenal juga dengan lawan jenis. Inilah yang insyaAllah akan menjadi aset kita dikemudian hari. hehehehe

Bonusnya, ketika kita menikah nanti. Karena telah membangun ukhuwah yang masif, semoga akan ada banyak orang yang datang dan memberikan ucapan serta hadiah pernikahan kita. Dengan ukhuwah yang kita bangun dari kampus, insyaAllah akan menjadi satu investasi yang berharga di masa depan kelak.

What’s Next ?

“Hendaklah kamu mencintai orang lain sebagaimana kamu mencintai dirimu sendiri, dan hendaklah kamu membenci bagi orang lain sebagaimana kamu membenci bagi orang lain sebagaimana kamu membenci bagi dirimu sendiri.” (HR. Imam Al-Munziri).  Click To Tweet

Alhamdulillah karena sudah berakhirnya masa kepengurusan semua lembaga kampus di Desember ini, sudah saatnya kita meng-upgrade diri untuk ditempatkan di jenjang berikutnya.

Mungkin tahun ini aku hanya mengenal teman seangkatan dan kakak tingkat. Tapi tahun depan mahasiswa baru akan bergabung di jamaah ini dan pastinya menambah ukhuwah baru. Kondisi inilah yang membuat kita menjadi saling mengenal, merangkul dan saling membantu satu sama lain.

About author

Muhammad Sultan Reza biasa dipanggil Surez, Seorang mahasiswa yang sedang mencari jati dirinya dan alasan kenapa dia dihidupkan di dunia ini.
    Related posts
    Opini

    Tingkatkan Produktivitas Dengan Menjadi Travel Writer di Tahun 2019

    Opini

    Pantaskah Seorang Muslim Golput di Pilpres Tahun 2019?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.