Yuk Menulis : Menuju 2030 Indonesia Emas Dengan Literasi Berkualitas.

Opini

Tingkatkan Produktivitas Dengan Menjadi Travel Writer di Tahun 2019

Menjadi seorang traveller sudah menjadi trend di era digital saat ini. Terutama bagi generasi milenial yang sebagiannya sangat hobi untuk melakukan travelling bersama teman-temannya. Apalagi mahasiswa, yang ketika libur semester mempunyai waktu libur yang sangat panjang.

Banyak yang bilang bahwa travelling itu cuma buang-buang uang dan waktu. Mending liat aja di youtube kita sudah bisa lihat destinasi travel seperti aslinya, kan ?

Jangan salah guys, ada sesuatu yang lebih penting ketimbang kita hanya melihat lokasi travel di internet. Yaitu, kita bisa lebih merasakan keindahan alam dan saat itu juga kita akan lebih takjub dan merasa bersyukur kepada Sang Pencipta.

Kalau dikata buang-buang uang dan waktu saya ga bisa nyanggah apa-apa. Tapi uang dan waktu yang kita keluarkan tidak lebih banyak dari apa yang akan kita dapat di lokasi travel tersebut. Bahkan seorang penulis seperti Asma Nadia dan Tereliye sering melakukan traveling guna mencari inspirasi untuk tulisan-tulisan mereka.

Sebagian orang percaya bahwa travel itu menjadi sebuah kebutuhan di banyak penatnya aktivitas sehari-hari. Namun, tak sedikit pula orang yang beralasan karena mahalnya biaya yang harus dikeluarkan ketika kita pergi travelling. 

Padahal, travelling menjadi sangat penting untuk pengalaman hidup kita. Apalagi bagi anak muda yang dibawah 30 tahun setidaknya harus melakukan banyak travelling agar nantinya tidak menyesal ketika sudah tua kelak. 

Seorang professor psikolog asal Amerika, Thomas Gilovich, melakukan penelitian bahwa orang yang senang berbelanja dan orang yang senang travelling memiliki tingkat kebahagiaan yang sama. Namun, ketika kita membeli barang baru kecenderungan kita dalam beradaptasi terbilang cukup cepat, sehingga ketertarikan kita pada benda baru tersebut cepat pudar.

Berbeda halnya dengan travelling. Kepuasan yang kita dapatkan dari travelling akan tetap bertahan dan cenderung naik. Nah, dari penelitian diatas kebahagian-kebahagian yang didapat dari travelling dapat di elaborasi menjadi beberapa bagian, seperti :

  • Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Ketika kita pergi travelling, kita akan ditantang untuk melihat pemandangan yang indah. Sebagai gantinya, kita harus berjalan untuk menemukan surga tersembunyi itu. Dengan travelling itulah sadar tak sadar kita membiarkan tubuh kita untuk berolahraga dan membuat tubuh kita lebih sehat.

  • Berlatih Untuk Mengatur Pengeluaran

Biasanya para mahasiswa menabung sejak pertama kali mereka masuk kuliah. Dengan menabung dan mengalkulasikan pengeluaran, di liburan semester nanti mereka akan membayarnya ketika travelling bersama teman-temannya.

  • Mengetahui Dunia Luar

Dalam travelling yang paling menjadi momen berharga adalah ketika kita melihat pemandangan indah ditempat tersebut. Apalagi tempat itu menjadi kali pertama kita yang sebelumnya belum pernah kita lihat sama sekali. Sehingga ini dapat menjadi cerita kepada teman dan keluarga kita nantinya.

  • Pengalaman Berharga

Dengan melakukan travelling. Kita lebih dapat merasakan sensasi ketimbang hanya melihat lokasi travel di internet. Bedanya adalah, ketika di gambar atau video kita hanya akan merasakannya lewat mata kita. Tapi ketika kita travel ke suatu tempat, kita dapat merasakannya dengan seluruh panca indra kita. Inilah yang disebut pengalaman berharga.

Coba deh kalau kita bayangkan, Indonesia itu negara paling luas se-Asia Tenggara. Dari luasnya Indonesia itu terdapat banyak tempat wisata yang luar biasa. Sayangnya, banyak dari kita yang ga sadar, atau sudah sadar hanya saja enggan untuk kesana.

Dengan segala kekayaan budaya dan alam di Indonesia, seharusnya kita lebih memanfaatkannya dengan baik. Banyak sekali para wisatawan di Indonesia dari mancanegara, kabar baiknya setiap tahun jumlah wisatawan itu naik secara linier.

Dengan memanfaatkan jumlah wisatawan yang selalu naik setiap tahunnya, pariwisata di Indonesia juga menjadi salah satu sektor ekonomi yang paling penting. Pada tahun 2009, pariwisata berada di urutan ketiga setelah pendapatan dari minyak dan gas bumi dalam hal penerimaan devisa negara. Dengan keberagaman wisata yang ada di Indonesia telah menjadi sebuah magnet untuk para wisatawan.

Keberagaman wisata di Indonesia ini menjadi salah satu hal yang harus kita syukuri. Karena dengan begitu akan lebih banyak mendorong para traveller untuk menjelajahi nusantara. Setiap tahun pasti ada saja wisata baru yang sedang nge-trend di Indonesia. Keunggulan inilah yang membuat wisatawan mancanegara tidak kapok-kapok berkunjung ke Negara Maritim ini. Keunggulan itu seperti :

  • Kaya Kebudayaan
  • Kemajemukan Masyarakat
  • Letak Strategis
  • Keberagaman Tempat Wisata
  • Harga Terjangkau
  • Keindahan Alam yang Natural

Dengan banyaknya wisatawan yang ada di Indonesia pastinya mereka mempunyai cerita-cerita seru dalam travelling mereka. Bahkan, kita pun yang sering melakukan liburan senang sekali apabila ada orang yang bertanya, “kemana liburan lu semester lalu ?”. Kita mungkin akan bercerita sangat panjang kepada orang yang bertanya itu sampai membuat kita puas. 

Masalahnya adalah ketika kita sudah punya sekantong pengalaman ketika kita travelling, kita tidak memiliki wadah untuk menuangkannya. Masalah-masalah itu juga dapat seperti :

  • Sulit Membuat Blog

Dengan berbagai fitur yang ada di WordPress, Blogger, Wix, dll. Membuat kita sulit sekali dalam membuat blog yang ideal sesuai dengan apa yang kita inginkan. Apalagi emak-emak yang biasanya ga suka dengan hal yang ribet.

  • Tidak Ada Yang Membaca

Dibutuhkan branding dan SEO yang kuat apabila blog kita ingin banyak traffic-nya. Sayangnya itu bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu dan konten yang banyak agar blog kita dapat terlihat di halaman pertama Google dan mendatangkan banyak pengunjung.

  • Tidak Ada Insentif

Tidak cukup hanya dengan berbagi. Terkadang seorang narablog juga membutuhkan motivasi. Dengan adanya insentif kita akan lebih bersemangat dalam berbagi pengalaman travelling kita.

TravelBlog.id adalah sebuah website bagi kamu pecinta travel dan wisata untuk berbagi artikel satu sama lain. TravelBlog.id juga menyediakan informasi-informasi menarik seputar destinasi travel seperti : jalan-jalan, kuliner, tips & info, dan seni & budaya. Dari masing-masing kategori tersebut ditulis oleh orang-orang yang ikut berkontribusi dalam berbagi di TravelBlog.id.

Kamu juga dapat bergabung menjadi salah satu kontributor apabila mempunyai sebuah cerita yang menarik untuk dibagikan. Tidak hanya itu saja guys, kamu juga dapat mendapatkan poin dari hasil menulis artikel yang kemudian dapat ditukarkan menjadi hadiah-hadiah menarik sesuai dengan jumlah poin yang telah didapatkan.

TravelBlog.id berdiri pada tahun 2014. Awalnya TravelBlog.id ini merupakan blog pribadi dari kontributor Microwendy, yang menulis tentang wisata seperti cerita perjalanan, kesenian, kuliner, penginapan, dll. Karena Indonesia memiliki destinasi wisata yang sangat beragam dan indah, TravelBlog.id hadir untuk berkontribusi langsung dalam memajukan wisata Indonesia. Sehingga banyak orang yang mengetahui potensi-potensi wisata tersembunyi yang ada di Indonesia.

Pada tahun 2018, TravelBlog.id berubah yang tadinya merupakan blog private dan menjadi go public. Ini disebabkan karena TravelBlog.id ingin membuat para traveller di Indonesia saling mengenal dengan saling berbagi cerita pengalaman satu sama lain.
Tampilan TravelBlog.id

Sering kali ketika kita hendak pergi travelling keluar kota, kita bingung tempat apa yang bagus untuk dikunjungi, disana ada wisata apa aja, atau kuliner yang enak dan recommended apa ya ? disinilah TravelBlog.id berguna bagi para traveller.

TravelBlog.id berisi lebih dari ratusan artikel dan terus bertambah sampai dengan hari ini. Artikel-artikel tersebut diisi oleh kontributor yang bercerita tentang travelling mereka. Artikel tersebut terbagi menjadi 4 kategori, yaitu :

  • Jalan - Jalan
Tampilan Kategori Jalan-Jalan TravelBlog.id

Kamu bingung dengan destinasi wisata yang begitu banyak di Indonesia ? mengunjungi kategori ini menjadi pilihan tepat agar “jalan-jalan“-mu menjadi lebih terarah. Banyak sekali pengalaman-pengalaman penulis TravelBlog.id tentang travelling mereka di kategori ini. Harapannya dengan membaca kategori ini, ketika kita sudah sampai di tempat tujuan. Kita sudah tahu tempat-tempat bagus yang layak untuk dikunjungi.

  • Kuliner
Tampilan Kategori Kuliner TravelBlog.id

Kuliner menjadi salah satu hal yang pasti dikunjungi oleh para wisatawan. Bagaimana tidak ? secara umum manusia pasti membutuhkan makan 3 kali sehari. Dengan kategori ini kita lebih dapat mengetahui kuliner apa yang enak yang ada di Indonesia. Biasanya para wisatawan tidak suka dengan makanan yang ada di tempat ia tinggal. Mereka cenderung lebih mencari sesuatu yang baru dan unik sebagai kuliner yang mereka tuju.

  • Tips & Info
Tampilan Kategori Tips & Info TravelBlog.id

Sejujurnya ini adalah kategori yang paling saya suka di TravelBlog.id. Karena isinya berupa tips dan info yang gokil dan worth it ketika digunakan. Ketika saya membaca salah satu dari artikel kontributor, saya pun langsung bergumam dalam hati, “oh ternyata bisa toh kayak gini”. Wajib banget bagi kamu para traveller untuk belajar dari pengalaman kontributor di tips & info TravelBlog.id.

  • Seni & Budaya
Tampilan Kategori Seni & Budaya TravelBlog.id

Kategori ini berisi tentang seni & budaya berbagai macam kota di Indonesia. Apabila kamu menyukai seni dan budaya, sambil melakukan travelling kategori ini menjadi hal yang paling tepat untuk dibaca. Apalagi seni dan budaya di Indonesia sudah tidak terlalu populer dikalangan generasi millenial. Dengan adanya kategori ini diharapkan para traveller juga dapat lebih mengetahui dan mencintai seni dan budaya yang ada di Indonesia.

  • Berita
Tampilan Kategori Berita TravelBlog.id

Kategori ini berisi tentang berita yang diposting oleh admin resmi TravelBlog.id.

  • Infographic
Tampilan Kategori Infographic TravelBlog.id

Pada kategori ini terdapat banyak infographic edukasi yang kaitannya masih seputar travelling. Infographic ini dapat kita unduh secara gratis di situs resmi TravelBlog.id.

  • Panduan
Tampilan Halaman Panduan TravelBlog.id

Kategori panduan ini berisi tentang ketentuan artikel yang ada di website TravelBlog.id. Bagi kamu yang ingin menjadi kontributor dan menulis artikel wajib untuk melihat panduan ini. Pada kategori panduan juga terdapat penjelasan tentang poin yang didapat. Poin ini yang nantinya dapat ditukar menjadi hadiah.

  • Store
Tampilan Halaman Store TravelBlog.id

Pada halaman store ini, terdapat list hadiah dari TravelBlog.id untuk kontributor yang telah menulis artikel dan mendapatkan poin. Terdapat banyak hadiah yang dapat ditukarkan dengan poin seperti : smartphone, kamera, tas ransel, dll. Hadiah-hadiah ini adalah penunjang bagi para traveller agar travelling kamu lebih berwarna.

Tampilan Halaman User TravelBlog.id

Inilah fitur yang ditunggu-tunggu, di halaman user inilah yang akan menjadi solusi kita sebagai para traveller untuk berbagi cerita dan pengalaman. Untuk masuk ke halaman ini, kita harus membuat akun di TravelBlog.id yang ada di halaman register.

Kamu dapat melihatnya di pojok kanan atas, dengan mendaftar akun kita akan menjadi seorang kontributor dan pada tampilan halaman user terdapat jumlah poin yang telah kita dapatkan. Kamu juga dapat mengedit data diri, kata sandidan biodata kamu di halaman profil.

  • Buat Artikel
Tampilan Halaman User Membuat Artikel TravelBlog.id

Di halaman inilah  para kontributor membuat artikel atau jurnal. Cara pembuatannya sangat mudah. Kamu tinggal memasukan kolom-kolom yang kosong seperti judul, ringkasan, dan deskripsi. Deskripsi adalah isi dari artikel kita yang nantinya akan di publish dan harus mempunyai 500 kata lebih. 

Setelah itu isilah tagar atau hashtag agar nantinya artikel atau jurnal kita lebih banyak ditemukan. Kemudian isilah foto-foto travelling-mu dan beri juga keterangan agar pembaca mengetahui lebih detail tentang foto tersebut. Setelah semua sudah lengkap dan mantap. Kirimlah artikel tersebut yang kemudian akan diulas sebelum nantinya di publish oleh TravelBlog.id.

Ingat ya guys. Artikel tidak boleh plagiat alias jiplak punya orang lain. Apabila ketawan maka akan mendapatkan penalty berupa pengurangan poin atau bahkan di-banned

  • Buat Video
Tampilan Halaman User Buat Video TravelBlog.id

Jika kamu mempunyai dokumentasi travelling berupa video. Halaman ini menjadi hal yang paling tepat untuk dikunjungi. Sebelumnya kita harus mengupload video kita kedalam youtube. Setelah di-upload copy tautan URL youtube dan tempel pada kolom “Urlyoutube”.

Kemudian, sama halnya seperti artikel dan jurnal. Video juga harus memasukan deskripsi dengan minimal 300 kata. Apabila kita mempunyai foto, kita juga dapat menguploadnya pada halaman ini. Setelah semuanya terisi video ini dapat dikirim dan akan di review oleh tim TravelBlog.id sebelum nantinya di publish.

  • Redeem Poin
Tampilan Halaman User Redeem Poin TravelBlog.id

Di halaman ini terdapat keterangan-keterangan terkait dengan penukaran hadiah melalui poin yang didapat kontributor. Kontributor dapat mengisi nama serta alamat lengkap dan pilihlah salah satu hadiah apabila poin kontributor telah cukup atau melebihi poin hadiah.

Poin tersebut didapat dengan kita menulis artikel atau jurnal serta mengirim video kepada TravelBlog.id. Untuk artikel atau jurnal kontributor akan mendapatkan 50 poin, sedangkan untuk video akan mendapatkan 40 poin.

Kelebihan TravelBlog.ID

  1. Memiliki tampilan tema news & magazine yang memanjakan mata. Sehingga pengunjung lebih mudah dalam mencari artikel per kategori.
  2. Terdapat insentif berupa penukaran hadiah dengan poin bagi para kontributor. Dengan fitur ini para kontributor akan lebih semangat dalam menulis artikel dan berbagi kepada Indonesia.
  3. Kategori yang variatif dan tepat sasaran seperti jalan-jalan, kuliner, tips & info, dan seni & budaya yang akan memudahkan pengunjung dalam memilih artikel yang tepat.
  4. Semua orang dapat berkontribusi dalam menulis artikel tanpa terkecuali.
  5. Terdapat keterangan nama kontributor dan jumlah artikel yang mereka tulis. Sehingga dapat memacu kita untuk bersaing dalam karya tulis dan memperluas jaringan pertemanan sesama traveller.

Manfaat TravelBlog.ID

  1. Menjadi wadah bagi traveller yang ingin menulis dengan mudah dan menyenangkan.
  2. Dengan banyaknya artikel tentang wisata, pengunjung mendapatkan wawasan berupa tempat wisata yang ada di Indonesia.
  3. Kontributor mendapatkan hadiah sebagai ganti karena telah menulis artikel/jurnal atau mengirim video. Dengan begini akan menumbuhkan semangat menulis bagi kontributor.
  4. Mendapatkan relasi dan teman sesama traveller.
  5. Memajukan literasi dan perwisataan Indonesia dengan banyak memberi konten positif seputar travelling.

Disclaimer

Artikel ini diikutsertakan dalam “Lomba Review Website WWW.TRAVELBLOG.ID”

Copyright

Teks & Infografis : Muhammad Sultan Reza

About author

Muhammad Sultan Reza biasa dipanggil Surez, Seorang mahasiswa yang sedang mencari jati dirinya dan alasan kenapa dia dihidupkan di dunia ini.
    Related posts
    Opini

    Pantaskah Seorang Muslim Golput di Pilpres Tahun 2019?

    Opini

    Ukhuwah : Lebih Dari Sekedar Persaudaraan

    1 Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.