Yuk Menulis : Menuju 2030 Indonesia Emas Dengan Literasi Berkualitas.

Opini

Selamat Tinggal Jakarta, Harapan Untuk Ibu Kota Baru

Sejarah tidaklah berkata selamat tinggal, melainkan ia berkata sampai bertemu lagi.

Itulah salah satu kutipan yang pertama kali teringat di benak saya ketika mendengar bahwa ibu kota Indonesia akan dipindahkan. Bagaimana tidak ? kala itu, sudah banyak sekali wacana yang bertebaran terkait pemindahan ibu kota. Hanya saja, wacana itu hanya lewat begitu saja layaknya sang angin yang meniup danawa.

Seperti halnya pada tahun 1950-an Palangkaraya sempat digagas oleh Soekarno untuk menjadi ibu kota. Kemudian, disusul pada era Soeharto yang ingin menjadikan daerah Jonggol, Bogor, sebagai ibu kota negara. Terakhir, pada zaman kepresidenan SBY sempat dibuat tim khusus untuk mengkaji pemindahan ibu kota negara. Namun, sampai dua periode pemerintahannya, hasil kajian urung untuk diungkap.

Kepala Bappenas / Menteri Perencanaan Pembangunanan, Bambang Brodjonegoro mengaku bahwa ia telah menemukan lokasi ibu kota baru dengan luas ±80.000 hektare. Dengan rincian, 40.000 hektare digunakan untuk membangun ibu kota baru dan setengahnya lagi untuk pengembangan dalam jangka waktu panjang.

Tidak dapat dipungkiri, perencanaan perpindahan ibu kota Indonesia ini sudah tidak dapat diganggu gugat lagi, lantaran perencanaan yang sudah matang dengan proyeksi dana pembangunan kira-kira Rp 466 triliun untuk 40.000 hektare. Dan akan ditargetkan selesai pada tahun 2024.

Walaupun dengan proyeksi dana yang begitu besar, ibu kota negara memang harus dipindah. Berikut adalah alasan kenapa ibu kota Indonesia harus dipindah :

  • Mengurangi Beban Jakarta

Sampai saat ini, Jakarta mempunyai dua beban besar. Yakni, sebagai pusat pemerintahan dan sebagai pusat bisnis di Indonesia. Ditambah lagi Jakarta juga memiliki beberapa masalah seperti banjir, kualitas air buruk, penurunan permukaan tanah, dan kemacetan.

  • Mendorong Pemerataan Pembangunan

Dengan dipindahnya ibu kota ke Kalimantan. Pemerataan pembangunan tidak akan terfokus hanya di pulau Jawa saja, melainkan merata ke seluruh Indonesia—terutama untuk Indonesia wilayah timur.

  • Penurunan Populasi di Pulau Jawa

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), pulau Jawa pada tahun 2019 mempunyai penduduk 150,4 juta jiwa yang merupakan 57% dari jumlah penduduk di seluruh Indonesia. Apabila dibiarkan, jumlah penduduk akan terus bertambah dan pembangunan hanya akan terfokuskan ke pulau Jawa saja.

  • Ekonomi Yang Belum Stabil

Karena Jakarta memiliki banyak beban, laju kegiatan bisnis dan ekonomi pun terkena imbasnya. Hal ini dapat dilihat dari harga dollar yang masih dibilang naik turun. Jika ibu kota berhasil dipindah, maka Jakarta akan menjadi kota yang fokus untuk membuat stabil ekonomi di Indonesia

Dari pemaparan yang telah saya paparkan di atas terkait alasan kenapa ibu kota negara harus dipindah, kita dapat melihat seberapa untungnya apabila wacana ini berhasil direalisasikan. Walaupun memerlukan proyeksi dana yang terbilang cukup besar dan memakan waktu yang lumayan lama, sudah seyogianya diperlukan rasa sakit untuk mencapai kesuksesan yang hakiki.

Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan juga sudah diseriusi dengan dibuatnya kajian khusus dalam menuntaskan pemindahan ibukota oleh Bappenas. Oleh karenanya, kita harus mendukung suksesnya pemindahan ibu kota Indonesia ini. Berikut adalah harapan saya apabila ibu kota negara benar-benar terimplementasikan :

  • Terciptanya Pemerataan Pembangunan di Indonesia

Pulau Kalimantan menjadi sebuah pulau yang sangat strategis karena berada di tengah-tengah Indonesia. Dengan membentuk ibu kota disana akan mempermudah sistem birokrasi, dengan begitu pemantauan pembangunan dari timur ke barat akan lebih mudah termonitor.

Selama ini Indonesia tersentralisasi di pulau jawa, yang notabene-nya sangat sulit untuk menjangkau wilayah Indonesia bagian timur. Dengan Kalimantan yang akan menjadi ibu kota akan mereduksi kesulitan pembangunan infrastruktur antarpulau.

  • Terwujudnya Peningkatan Ekonomi di Indonesia

Saat ini, Jakarta memiliki dua amanah yang sangat besar. Pertama, menjadi pusat pemerintahan dan kedua menjadi pusat bisnis. Ketika ibu kota sukses dipindahkan ke Kalimantan. Maka, otomatis Jakarta hanya akan fokus untuk menjadi pusat ekonomi dan bisnis di Indonesia

Dengan beban Jakarta yang berkurang dan memiliki fokus penuh pada ekonomi. Harapannya, dapat menumbuhkan dan meratakan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Terlebih lagi dengan Kalimantan yang akan menjadi ibu kota, laju pasar pun akan ikut berubah dan tidak tersentralisasi lagi di pulau Jawa.

  • Tersebarnya Secara Merata Penduduk di Indonesia

Seperti yang sudah saya paparkan sebelumnya. Bahwa pulau Jawa saat ini menanggung lebih dari setengah penduduk Indonesia. Padahal pulau Jawa sendiri merupakan pulau terkecil diantara lima pulau besar di Indonesia.

Harapannya, dengan tersebarnya penduduk ke seluruh penjuru Indonesia akan menggerakkan roda ekonomi dan mengurangi kepadatan penduduk di pulau Jawa. Belum lagi Jakarta yang memiliki masalah-masalah seperti penurunan permukaan tanah, kualitas air buruk, banjir, dan kemacetan.

Besar kemungkinan apabila penduduk di pulau Jawa berkurang, masalah-masalah tersebut akan berkurang sedikit demi sedikit atau bahkan dapat tertuntaskan dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

Itulah harapan-harapan yang saya inginkan terhadap ibu kota baru Indonesia tercinta. Harapan terakhir saya adalah, semoga proses pemindahan ibu kota ini dapat berjalan lancar. Tetapi, ada yang lebih penting daripada itu semua, yaitu dapat terealisasikan secara sempurna.

Yuk, sekali lagi saya mengajak kepada teman-teman semua untuk menyukseskan rencana pemindahan ibu kota negara Indonesia ini. Dan kita doakan semoga dengan dipindahnya ibu kota ke Kalimantan akan mendatangkan kebaikan-kebaikan kepada Bumi Pertiwi ini.

Disclaimer

Artikel ini diikutsertakan dalam “Lomba Nasional Artikel & Vlog “Harapanmu untuk Ibu Kota Baru””

Copyright

Teks & Infografis : Muhammad Sultan Reza

Referensi :

  • https://www.boombastis.com/ibukota-negara-indonesia/173310
  • https://tirto.id/ibu-kota-pindah-kalimantan-3-hal-yang-perlu-dipertimbangkan-jokowi-efZV
  • https://news.detik.com/dw/d-4667025/deretan-negara-negara-yang-mengalami-pemindahan-ibu-kota
  • https://tirto.id/bappenas-jelaskan-keuntungan-ibu-kota-pindah-ke-wilayah-tengah-ri-dD8z
  • https://www.liputan6.com/bisnis/read/3969734/ada-rencana-ibu-kota-pindah-jakarta-sebagai-pusat-bisnis-tetap-kuat
  • https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190429081114-20-390452/sejarah-pemindahan-ibu-kota-sejak-era-hindia-belanda
  • https://freepik.com
  • https://elements.envato.com/
  • https://www.shutterstock.com/
About author

Muhammad Sultan Reza biasa dipanggil Surez, Seorang mahasiswa yang sedang mencari jati dirinya dan alasan kenapa dia dihidupkan di dunia ini.
Related posts
Opini

Tingkatkan Produktivitas Dengan Menjadi Travel Writer di Tahun 2019

Opini

Pantaskah Seorang Muslim Golput di Pilpres Tahun 2019?

Opini

Ukhuwah : Lebih Dari Sekedar Persaudaraan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.