Yuk Menulis : Menuju 2030 Indonesia Emas Dengan Literasi Berkualitas.

Book Review

Review Buku Hijrah Rezeki

Haloo Booktizen !! Alhamdulillah setelah sekian lama akhirnya saya bisa berbagi lagi kepada teman-teman sekalian. Buku ini saya selesaikan sangat lama, dikarenakan kemalasan dan kesibukan kuliah yang diada-ada hehe.

Baru bisa selesai dan nge-review pada liburan semester genap ini. Itupun juga acap kali tertunda-tunda karena terlalu menikmati liburan yang sangat panjang dan semringah ini 🙂 *hehekokjadicurhat

Okeee capcus deh…

Tanpa berlama-lama, yuk kita tilik buku ber-genre self development ini !!

Pendahuluan

Sebenernya saya ga minat sama sekali baca buku ini (lho terus kenapa dibelii ?).

Tapi karena penawaran, edukasi, dan teknik marketing yang terus diberikan di channel telegram KMO store hati yang keras pun bisa menjadi lunak dan pada akhirnya dibeli juga…

Kenapa ga minat ? setiap kali saya melahap buku, sering kali saya melihat terlebih dahulu kepada penulisnya. Jika memang memiliki track record yang mengagumkan, kecintaan saya terhadap buku tersebut akan bertambah.

Ketika saya mencari nama penulis pada buku bertajuk Hijrah Rezeki ini. Tidak sama sekali saya temukan siapa beliau ini dan track record apa saja yang sudah ia capai.

At least, saya bertanya kepada customer service KMO Store dan menanyakan perihal siapa gerangan yang menulisnya ?

Customer service menjawab bahwa beliau adalah seorang ustadz yang rutin menulis pada channel telegram, lalu kemudian saya diberikan link channel telegram beliau https://t.me/arafat_channel

Setelah saya kepoin beberapa tulisan beliau, waah ternyata bagus juga yaa. Gaya penulisannya yang sederhana dan khas namun ngena banget di kehidupan sehari-hari.

Sampai disini saya pun tertarik dan langsung membelinya tanpa berfikir dua kali.

Membaca tanpa merenungkan bagaikan makan tanpa dicerna – Mohammad Hatta Click To Tweet

Keterangan Buku

Penulis : Arafat
Editor : Aris Rahmanto
Desain Cover : Lanamedia & Imam Prasetyo
Layout : Diyan Sudihardjo
Penerbit : KMO Indonesia
Sub Judul : Setiap Rezeki Ada Ilmunya, Setiap Ilmu Ada Rezekinya
Jumlah Halaman : 182 hlm ; (15.5 x 23 ) cm ; Hardcover

Review Buku

Buku ini telah dicetak dua kali ketika pertama kali saya membacanya — pada bulan Februari 2019.

Padahal Ustadz Arafat pun belum terlalu dikenal di dunia literasi (atau sayanya yang kudet :p), namun tim penjualan KMO Store yang sangat gencar dalam mencari leads-lah yang berhasil membuat buku ini menjadi national best seller seperti pada kover buku ini.

Oke, kita masuk kedalam pembahasan.

Buku Hijrah Rezeki ini membahas tentang rezeki itu sendiri. sebelum kita ingin dikejar oleh rezeki yang berlimpah-ruah, sudah seyogianya kita harus berkenalan atau bahkan mengetahui lebih dalam terkait rezeki.

Sifat rezeki itu sendiri adalah terus bergerak, sama halnya dengan benda-benda langit seperti planet, satelit, dan bintang. Penulis (Ustadz Arafat) sendiri juga merumpamakan rezeki itu sama halnya dengan sistem organ manusia dan benda-benda kuantum yang terus bergerak.

Rezeki itu senantiasa bergerak, contohnya adalah hujan yang setiap tetasannya bergerak. Kemudian, makanan yang kita lihat juga terus bergerak dari bahan baku sampai ke pasar dan kemudian sampai dirumah kita.

Sesungguhnya rezeki akan bergerak mencari seorang hamba, seperti ajal mencarinya. (HR. Ad-Daruquthni)

Oleh karenanya, kita sebagai manusia juga harus bergerak dalam mencari rezeki. Sama seperti sabda Rasululah di atas yang menjadi landasan bagi setiap muslim bahwa rezeki itu bergerak.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, apa yang harus digerakkan ?

Yang harus digerakkan agar rezeki tumpah berlimpah-ruah adalah hati.

Sebagai seorang muslim kita harus mempunyai hati yang luas atau dapat disebut ghina qalbi (keluasan hati). Kekayaan yang sebenarnya datang dari keluasan hati. betapapun seseorang diberi kesempatan untuk memiliki banyak harta, jika hatinya sempit maka suatu saat ia akan jatuh miskin lagi.

Sesungguhnya orang kaya itu mereka yang memiliki keluasan hati. Dan orang fakir itu mereka yang memiliki kesempatan hati. (HR. Ibnu Hibban dan Al-Hakim)

Selanjutnya setelah kita melapangkan hati, Kita juga perlu bergerak dalam arti yang sebenarnya.

Yaitu, action atau praktik !!

Kalau kata orang-orang imers, “Percuma baca buku bisnis, ikut workshop sana-sini, atau coaching private ekslusif. Kalau kaga action-action !!!”. Dengan dipadukannya ketiga hal ini (sifat rezeki, keluasan hati, dan bergerak). Maka, tidak lama lagi teman-teman akan mendapatkan rezeki yang berlimpah-ruah.

"Teruslah bergerak, hingga kelelahan itu lelah mengikutimu" – KH Rahmat Abdullah Click To Tweet

Kesimpulan

Hal yang harus di apresiasi dari buku ini adalah

  • Terdapat tutorial dalam membaca buku ini yang sangat jarang sekali ada di buku-buku zaman now
  • Suka banget sama gaya penulisannya yang mengamsalkan sesuatu/benda yang kemudian dijelaskan dengan kehidupan sehari-hari.
  • Terdapat tips-tips spiritual yang dapat mendekatkan kita dengan rezeki.
  • Terdapat quote-quote bijak penyemangat.
  • Dilengkapi dengan video-video pelengkap tulisan yang dikasih link untuk menuju video tersebut.

Walaupun saya baru kenal dengan penulis Hijrah Rezeki ini. First Impression-nya sangat baik sekali setelah membacanya. Padahal saya tipe orang yang membeli buku dengan pertama melihat penulisnya terlebih dahulu, baru melihat substansinya.

Ga imbang dong kalau cuma muji doang…

Untuk kekurangannya sendiri sejujurnya saya belum menemukannya. Karena memang bisa dibilang buku ini keren banget deh.

Buat teman-teman yang ingin menilik lebih jauh buku ini, bisa membelinya di web resmi kmostore.com. Banyak banget insight-insight yang akan didapat dan sangat recommended. 🙂

About author

Muhammad Sultan Reza biasa dipanggil Surez, Seorang mahasiswa yang sedang mencari jati dirinya dan alasan kenapa dia dihidupkan di dunia ini.
Related posts
Book Review

7 Intisari Dari Buku Melawan Kemustahilan

Book Review

7 Hal Penting Untuk Indonesia Berdaya

Book Review

5 Pembelajaran Penting Kepemimpinan Jalan Langit