Yuk Menulis : Menuju 2030 Indonesia Emas Dengan Literasi Berkualitas.

Internet Marketing

Pentingnya Kecepatan Website Bagi Toko Online di Zaman Marketing 4.0

“Ngapain sih bisnis ? udahlah kuliah aja yang pintar dapet kerja yang enak jadi PNS, gaji tetap. Sampai pensiun pun tetap dapet uang”

Begitulah kata sebagian orang tua kepada anak-anaknya yang ingin merintis bisnis. Kebanyakan orang yang bergairah untuk membangun bisnis adalah anak-anak milenial. Mereka memiliki jiwa berontak yang cukup tinggi untuk mengubah paradigma orang tua zaman dulu. Yaitu, ingin menjadi owner, CEO, atau founder dari startup digital

Tetapi, faktanya adalah lebih dari 90% startup yang gulung tikar sebelum ulang tahun pertamanya. Hal ini dapat terjadi karena faktor dari dalam seperti kurangnya persiapan mental dan ilmu pada sang owner atau faktor dari luar seperti sarana dan prasarana yang tidak mumpuni.

Pada faktor dari dalam, kita dapat mencegahnya dengan terus belajar dari orang sukses atau kompetitor kita. Dengan meniru konsepnya yang kemudian dimodifikasi agar nantinya terdapat peningkatan pada startup kita. Kita dapat juga ikut workshop, seminar, atau membaca buku agar ada peningkatan pada ilmu dan mental kita nantinya.

Pada faktor dari luar, ini bisa terjadi beberapa hal seperti : kurangnya modal untuk jangka panjang, tidak ada inovasi baru, marketing yang tidak hidup, dll. Dalam bisnis media promosi atau marketing yang paling cocok adalah melalui online. Bisa dengan social media atau dengan website kita sendiri. Kabar buruknya, masih jarang orang yang memanfaatkan website sebagai media promosi, atau ada yang menggunakannya tetapi kurang optimal dalam pemakaiannya. 

Sumber : Hootsuite

Berikut adalah data dari Hootsuite tentang indikator statistik digital di Indonesia. Dapat dilihat bahwa pada bulan Januari 2018 ini pengguna internet di Indonesia sudah sangat banyak. Yaitu, 49% dari total jumlah penduduknya. Adapun pengguna social media yang mendominasi pengguna internet di Indonesia hingga mencapai 120 juta pengguna.

Mungkin sampai tulisan ini dibuat pengguna internet di Indonesia akan terus bertambah seiring berkembangnya teknologi. Dulu harga smartphone dan internet sangat mahal, oleh karenanya orang enggan untuk berinteraksi di dunia digital. Tapi sekarang berbeda, bahkan dengan budget kurang dari 2 juta pun kita sudah dapat membeli smartphone yang spesifikasinya sangat canggih.

Dengan melihat data ini artinya Indonesia akan memasuki era digitalisasi dimana hampir semua fasilitas dan kebutuhan menggunakan teknologi dan media online. Seperti contohnya sekarang ujian menggunakan komputer, mendaftar SIM menggunakan web, memesan ojek online, memesan makanan, bahkan proses jual beli sekarang lebih dominan menggunakan kanal online.

Jika kita cermat dalam melihat data diatas, kita akan senang dan berseri-seri. Kenapa demikian ? karena konsumen di Indonesia sudah siap untuk dijuali secara online. Dengan jumlah pengguna internet yang besar akan sangat menguntungkan bagi kita para internet marketing untuk melakukan penjualan di media online.

Screenshot_5
Sumber : Liputan6.com
Screenshot_4
Sumber : Rappler.com

Di era distruption ini, tidak sedikit  toko-toko ritel yang gulung tikar akibat kalah saing dengan pemain-pemain baru. Terutama dengan media online-nya yang sudah aktif dibandingkan toko ritel yang masih mengandalkan cara-cara offline.

Seperti gambar diatas dua toko konvensional tersebut bangrut karena kalah cepat dalam membaca data. Kebiasaan orang sekarang lebih senang melakukan transaksi online ketimbang harus jauh-jauh datang ke mall. Alasan-alasan transaksi online lebih unggul dibanding offline juga dapat seperti :

  • Lebih Murah

Kebanyakan supplier-supplier besar sudah melakukan go-online. Supplier besar ini menyediakan harga first-handed atau benar-benar dari pabriknya. Sehingga memiliki harga yang sangat murah.

  • Lebih Mudah

eCommerce Indonesia saat ini sudah sangat memanjakan konsumennya. Kita hanya butuh 3 step untuk melakukan transaksi online. Pertama pilih barangnya, kedua isi data pribadi, dan yang ketiga tinggal dibayar deh.

  • Hemat Waktu

Kalau dulu kita mencari barang ke pasar tradisional butuh waktu yang panjang. Sekarang, dengan transaksi online kita hanya butuh 3 detik untuk mencari barang yang kita inginkan. Yaitu, dengan memanfaatkan fitu search pada eCommerce yang kamu sayangi.

  • Hemat Tenaga

Kita tidak perlu untuk jalan kaki, mondar-mandir sambil nanya ke pedagang. Belum lagi jarak dari rumah kita ke pasar tradisional/swalayan yang cukup jauh membuat kita harus mengeluarkan banyak tenaga. Dengan transaksi online kita hanya cukup duduk manis.

Sumber : Hootsuite

Pada tahun 2019 ini, muncullah istilah baru yaitu Marketing 4.0 yang merupakan pendekatan pemasaran interaksi online dan offline yang dikombinasikan antara pembeli dan penjual. Gampangnya sih Marketing 4.0 sudah merambah ke era ekonomi digital.

Lihat saja gambar diatas, baru empat kategori saja jumlah transaksi jual beli sudah mencapai $6,463 milyar. Ditambah lagi kategori yang lain huft…

Kalau kita lihat sejarah eCommerce, dulu orang-orang bertransaksi bukan di toko online ataupun marketiplace seperti tokopedia,bukalapak, dan shopee. Melainkan di forum-forum online seperti kaskus. Hanya saja transaksi di forum memiliki kelemahan fital, yaitu banyaknya penipuan yang terjadi akibat tidak adanya jaminan apa-apa.

Berbeda dengan zaman sekarang yang semua sudah secure dengan adanya sistem dari pihak ketiga. Ditambah lagi sekarang kita memiliki website kredibel.co.id dan lapor.go.id yang dapat melaporkan penipuan online kapan saja.

Dari pemaparan-pemaparan diatas sudah selayaknya kita mengubah bisnis atau toko kita yang masih offline menjadi go-online. Karena perkembangan teknologi yang begitu cepat ini kita harus pandai-pandai membaca situasi dan kondisi sehingga kita akan lebih mudah beradaptasi dengan zaman.

Masalah transisi kita dari offline ke online adalah kita butuh belajar banyak tentang dunia marketing online. Berbeda dengan offline, proses pemasaran online bermacam-macam. Bisa dari social media dan website toko online kita sendiri. Untuk social media sudah pasti masyarakat Indonesia sudah mandiri dalam membuat akun socmed, bahkan mungkin sudah menguasai seluruh fiturnya.

Bagaimana dengan website ? tidak sedikit orang yang mahir dalam penguasaan website. Perlu upaya lebih untuk belajarnya dibandingkan dengan socmed. Padahal website sendiri sangat banyak kegunaannya untuk eCommerce, seperti :

  • Mengundang Leads
  • Membuat Sistem Otomatis
  • Memperkuat Brand
  • Mempermudah Transaksi​
  • Akses Lebih Mudah
  • Meningkatkan Konversi

Dengan adanya website kita akan membuat konsumen lebih mandiri dalam melakukan transaksi. Walaupun kita lagi tidur, makan, atau main secara otomatis toko online kita buka 24 jam. Berbeda dengan social media yang mengharuskan kita untuk melayani konsumen kita secara manual.

Disamping itu juga dengan adanya website toko online kita menjadi lebih ekslusif dan elegan. Sehingga customer akan menganggap bahwa brand kita itu adalah brand yang professional. Sehingga terjadilah peningkatan konversi dan mengundang lebih banyak leads (calon pembeli). Luar biasa bukan ?

Tapi tidak cukup sampai sini guys. Dengan adanya toko online kita juga harus membuat nyaman customer kita dengan cara mengoptimasi dan mempercantik tampilan web. Kebanyakan para bisnis owner melakukan kesalahan fatal disini. Yaitu, mereka tidak memperhitungkan semakin bagus dan rapih tampilan toko online mereka, semakin berat untuk mengakses toko online tersebut. Dengan lambatnya kecepatan loading pada website kita, akan membuat beberapa kerugian, seperti :

 

  • Kesan Yang Buruk

Menurut penelitian terbaru dari seorang pakar psikologi, di era digital ini manusia banyak sekali mendapatkan informasi (overload information). Sehingga rasa ketertarikan manusia pada suatu hal hanya bertahan kurang lebih 8 detik. Jika website kita tidak selesai loading hingga lebih dari 8 detik. Akan membuat customer bosan dan langsung meng-close website kita.

  • Convertion Rate Rendah

Dengan kecepatan website yang lambat atau lemot, kemungkinan besar customer hanya melihat beberapa produk dalam website kita. Kemudian langsung pergi tanpa membeli apa-apa. Apabila dalam 1 hari terdapat 1.000 pengunjung. Dan dari 1.000 pengunjung tersebut hanya terkonversi 10 orang yang menjadi pembeli. Maka convertion rate-nya hanya 10/1000 = 0.01%.

  • Rank SEO Rendah

Algoritma Google sangat cepat berubah dari tahun ke tahun. Sekarang Google lebih cenderung menyukai website yang memiliki kecepatan website yang cepat. Biasanya yang berada di rank 1 halaman google adalah website yang kecepatannya dibawah 5 detik. Jika kita tidak cepat-cepat memperbaiki kecepatan website kita. Maka, kita tidak akan pernah muncul di halaman search engine Google.

Sumber : Dewaweb.com

Dewaweb adalah penyedia layanan hosting yang sudah dipercaya oleh para startup terkemuka. Dewaweb juga merupakan cloud hosting pertama yang sudah memperoleh sertifikat ISO/IECE 27001:2013.  Ini menjadi bukti bawa Dewaweb menjadi penyedia layanan cloud hosting yang berkualitas dalam melayani setiap konsumennya.

Di zaman marketing 4.0 ini, toko-toko ritel sudah mulai go-online. Banyak yang sudah memulainya dengan membuka toko online. Dewaweb menjadi solusi bagi kamu yang mencari hosting tercepat yang dapat meningkatkan rank SEO dan konversi penjualan di toko online-mu.

Perlu kamu ketahui, bahwa Dewaweb baru saja melakukan gebrakan baru.Dewaweb menaikkan standard kecepatan di semua server cloud hosting dengan hardware Intel Xeon Gold terbaru, LiteSpeed Cache, dan berbagai teknologi optimasi terkini, tanpa biaya tambahan apapun. WOW fantastik sekali bukan ?

Integrasi LSCache

Dewaweb merupakan hosting pertama Indonesia yang seluruh servernya telah terintegrasi dengan LSCache untuk mempercepat website.

HTTP/2 + QUIC + Brotli

Nikmati teknologi web terbaru HTTP/2, QUIC (Quick UDP Internet Connections) dan Brotli Compression untuk kecepatan website kamu!

Super Fast SSD

Seluruh server Dewaweb telah menggunakan teknologi 100% Pure SSD Storage yang jauh lebih cepat dibanding teknologi storage sebelumnya.

Platinum Partner LiteSpeed

Sebagai Platinum Partner dari LiteSpeed Technologies, Dewaweb sangat berpengalaman dalam optimasi best practise LiteSpeed.

Redis Catching Support

Semua server Dewaweb sudah support teknologi Redis database object caching yang terintegrasi dengan LiteSpeed Cache juga.

Ninja Support 24/7

Mengalami masalah dengan websitemu? Jangan khawatir! Tim Ninja Support kami siap membantu 24/7!

Sumber : dewaweb.com/fasterhosting

Dengan teknologi terbaru dari Dewaweb ini akan membuat kecepatan website kita jauh lebih cepat dari sebelumnya. Nah, kabar baiknya adalah ini baru sebagian fitur dari Dewaweb. Dewaweb masih memiliki banyak fitur, seperti 

 

  • Cloud Hosting Murah
Daftar Cloud Hosting di Dewaweb

Dewaweb menyediakan berbagai jenis layanan cloud hosting sesuai dengan kebutuhan konsumen. Berbeda dengan shared hosting, cloud hosting menggunakan teknologi yang lebih unggul dan terbarui.

Cloud Hosting menggunakan teknologi virtualisasi operating system. Teknologi ini dibuat dengan VMWare atau VirtualBox. Dengan teknologi ini memungkinkan kita untuk menyimpan satu website untuk satu hosting. Sehingga apabila ada sepuluh website dan tedapat satu yang bermasalah, yang lainnya tidak akan ikut bermasalah.

  • Domain Murah
Daftar Domain di Dewaweb

Dewaweb juga menyediakan banyak sekali jenis domain yang dapat dipakai di website kesayanganmu. Domain murah ini dapat langsung kamu beli dan prosesnya sangat cepat, setelah kamu bayar admin Dewaweb akan memprosesnya kurang dari 5 menit domain-mu akan aktif. Setelah membeli domain di Dewaweb kamu akan mendapatkan :

  • Domain Panel
  • DNS Management
  • WHOIS Privacy Proction
  • Domain Lock
  • DNSSEC
  • Sertifikat SSL Murah
Daftar SSL di Dewaweb

Dewaweb mempunyai SSL yang sangat bervariatif. Dari yang harganya 28 juta pertahun sampai 670 ribu. Dewaweb merupakan layanan penyedia SSL pertama di Indonesia yang telah melalui proses Extended Validation dari Symantec Secure Site EV sehingga berhak mendapatkan Greenbar.

  • Cloud VPS Murah
Daftar VPS di Dewaweb

VPS atau Virtual Private Server adalah sebuah server virtual yang memiliki sumber daya yang didedikasikan. Berbeda dengan Shared Hosting, VPS memberikan resource secara khusus yang artinya klien dapat menginstal aplikasi dan menggunakan semua resource VPS tersebut sendiri (tidak berbagi dengan klien lainnya).

Dewaweb menghadirkan VPS yang memiliki storage yang sangat besar dengan harga terjangkau. Terlebih lagi kamu dapat memilih operating system yang kamu pakai.

  • Ranking Coach SEO Tools

Fitur inilah yang menurut saya menjadi pembeda dengan layanan hosting lainnya. Agar website kita berada di rank 1 pencarian Google, saya menyarankan kamu untuk menggunakan layanan SEO ini.

Ranking Coach SEO Tools akan membantu kamu untuk menganalisa website dan membantu mengoptimalkan setiap kata kunci pada website kamu. Ranking Coach adalah SEO Tool no. 1 dari Jerman yang banyak dipakai personal dan SMB di Eropa dan banyak negara lain.

Tingkatkan jumlah pengunjung dan penjualan online kamu dengan RankingCoach SEO Tool yang akan membantu menganalisa website kamu dan memandu kamu mengoptimalkan website berdasarkan search keywords yang relevan. RankingCoach adalah SEO Tool no. 1 dari Jerman yang banyak dipakai personal dan SMB di Eropa dan banyak negara lain.

Itulah beberapa pemaparan dari peluang bisnis online yang sangat potensial di Indonesia, karena masifnya perkembangan pengguna internet di Indonesia. Dengan membaca peluang di zaman Marketing 4.0 ini. Perlu adanya toko online yang memiliki kecepatan loading yang sangat cepat.

Dewaweb menjadi semua solusi dari semua keresahan bisnis owner, karena dengan layanan hosting yang super cepatnya memungkinkan kita untuk meningkatkan konversi penjualan di zaman Marketing 4.0 ini.

Disclaimer

Artikel ini diikutsertakan dalam “Dewaweb Blog Copetition 2019”

Copyright

Teks & Infografis : Muhammad Sultan Reza

About author

Muhammad Sultan Reza biasa dipanggil Surez, Seorang mahasiswa yang sedang mencari jati dirinya dan alasan kenapa dia dihidupkan di dunia ini.
    Related posts
    Internet Marketing

    7 Tips Kenapa Memilih Instagram sebagai Platform Penjualan

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.