Yuk Menulis : Menuju 2030 Indonesia Emas Dengan Literasi Berkualitas.

Ilmu Kontemporer

ASUS VivoBook Pro F570 : Laptop Perdana Yang Mendamaikan Dua Graphic Card Bebuyutan

Bagi mahasiswa seperti saya, laptop adalah salah satu instrumen yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Bagaimana tidak, setiap aktivitas hampir semua dituangkan didalam gadget canggih ini. Seperti : mengerjakan tugas, organisasi, menyalurkan hobi, aktivitas sosial, dll.

Semua aktivitas itu membutuhkan laptop yang mumpuni dengan spesifikasi yang memadai. Ngomong-ngomong soal spesifikasi, kita harus lebih selektif dalam memilihnya. Karena di era digital saat ini, laptop menjadi garda terdepan bagi kita yang hampir melakukan segala aktivitas disini.

 

Cara memilih laptop impian

Spesifikasi tidak akan pernah berbohong, dengan memilih spesifikasi yang keren pastinya membuat kinerja laptop kita menjadi cepat. Saran saya pilihlah spesifikasi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita. Apabila aktivitas kita berat seperti membuka aplikasi yang banyak, pastinya kita membutuhkan laptop yang super.

Sebaliknya, apabila aktivitas kita ringan-ringan saja kita bisa lebih menghemat budget kita. Apabila budget kita tidak cukup untuk membeli laptop impian kita, maka saran saya bersabarlah terlebih dahulu dan menabung sedikit demi sedikit.

Kamu akan menyesal bila membeli laptop yang tidak sesuai dengan bobot aktivitasmu sendiri. Karena penggunaan laptop ini akan sangat panjang waktunya. Jika perawatannya bagus dan apik bisa jadi 5-10 tahun kamu tidak akan mengganti-ganti laptop. Oleh karenanya, berikut adalah 4 tolak ukur spesifikasi laptop impian :

  • Chipset Super

Chipset merupakan kumpulan dari Integrated Circuit yang ukurannya sangat kecil yang sering disebut sebagai chips. Chips ini saling bekerjasama antara satu dengan lainnya agar dapat menunjang kinerja perangkat keras laptop. Chipset inilah yang menjadi inti dari laptopmu akan berjalan kencang atau lambat.

  • Baterai Tahan Lama

Tidak dapat dipungkiri, baterai saat ini menjadi salah satu indikator terpenting dalam laptop. Mungkin zaman dulu belum terlalu penting karena aktivitas di laptop tidak sebanyak zaman now. Tetapi sekarang orang-orang juga mempertimbangkan baterai sebagai tolak ukur spesifikasi laptop impian mereka.

  • Harga Terjangkau

Harga memang tidak dapat berbohong, semakin mahal harga pastinya semakin bagus spesifikasinya. Tetapi jika kita pintar dalam menyesuaikan keadaan budget dengan kebutuhan kita. Kita tidak mungkin memilih laptop dengan harga mahal hanya untuk membuka aplikasi yang ringan.

  • Memory yang Besar

Memory hardisk juga mempengaruhi kinerja dari laptop kita. Apabila penyimpanannya kecil dan kebutuhan kita akan aplikasi sangat banyak akan membuat laptop kita lemot walaupun chipset kita sudah sangat canggih. Oleh karena itu, perhatikan kebutuhan sesuai dengan storage memory-mu.

Yup, pertimbangkanlah laptop impianmu dengan keempat tolak ukur ini ketika kamu ingin membeli laptop terbaru. Nah, salah satu laptop terbaru yang harus kita pertimbangkan adalah ASUS VivoBook PRO F570. Mengapa harus laptop ini ? Yuk kita bahas bareng-bareng.

Mengapa harus ASUS VivoBook PRO F570 ?

ASUS kembali mengeluarkan laptop terbarunya dengan inovasi baru. Yaitu, dengan menggabungkan dua VGA bertenaga AMD Ryzen dan juga chip GPU (Graphics Processing Unit) yang keren dari NVIDIA. Ini merupakan inovasi terbaru yang belum pernah ada dalam sejarah laptop.

Dengan kombinasi 2 graphics card antara AMD Ryzen dan NVIDIA. Laptop ini sangat cocok digunakan dalam segala hal dan dapat melakukan multi-tasking. Kita dapat menggunakannya dalam bermain game, pekerjaan multimedia, mengolah data, dll. 

ASUS Vivobook Pro F570 ini memiliki layar yang sangat tipis atau biasa disebut ultra slim. Disamping layar yang tipis terdapat layar yang lebar membahana dengan dimensi (37.4 x 25.6 x 2.19)cm.

Layarnya juga sudah dilapisi Anti-glare, yang akan membuat mata lebih nyaman dalam melihat layarnya. Anti-glare juga berguna untuk :

  • Anti minyak
  • Anti gelembung
  • Anti silau cahaya (dibawah invansi terik matahari)
  • Melindungi dari jejak jari
  • Melindungi dari goresan pada screen
  • Melindungi dari debu.

Dengan Full HD 1920x1080p membuat layar laptop ini begitu sempurna dan sangat cocok bagi kamu yang senang berlama-lama duduk didepan laptop.

Tidak dapat diragukan lagi performa dari ASUS Vivobook PRO 570 ini sangatlah memanjakan user-nya. Bagaimana tidak ? dengan dua kombinasi graphic card yang saling menutupi kekurangannya satu sama lain, membuat laptop ini menjadi unggul dibandingkan laptop lainnya yang hanya memiliki satu graphic card.

NVIDIA memiliki keunggulan tersendiri, yaitu mempunyai teknologi Physx di dalamnya. Physx adalah teknologi khusus yang membuat VGA mampu menampilkan detail-detail di dalam game secara maksimal. Sehingga, laptop ini menjadi gamer-friendly yang dapat memuaskan passion gaming-mu.

Nah, begitupula dengan AMD Ryzen. Bagi kamu yang seneng banget nonton film hollywood, drama korea, ataupun anime. AMD Ryzen akan memberikan sensasi grafis yang jauh lebih baik. Karena AMD Ryzen mempunyai fitur UVD, yaitu fitur khusus yang dapat menampilkan resolusi yang sangat tinggi.

Dengan bergabungnya dua graphic card saingan ini akan memberikan kesan pertama baru yang belum pernah kita rasakan sebelumnya.

Pada zaman teknologi 4.0 ini. Baterai menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum memilih laptop. Kenapa begitu ? karena hampir segala aktivitas yang dilakukan oleh kita diakses menggunakan laptop. Seperti contohnya : belajar, menonton film, bermain game, chatingan, menyalurkan hobi, dll.

Semua aktivitas itu tidak akan sanggup kita kerjakan apabila hanya memiliki kapasitas baterai yang rendah. Apalagi banyaknya kegiatan kita di outdoor membuat kita sulit untuk menemukan tempat ngecas laptop. Sekalinya ketemu hanya bisa mengisi daya beberapa menit karena harus mengerjakan hal lain. Pernah seperti itu ?

Kabar baiknya ASUS Vivobook Pro F570 ini dilengkapi dengan baterai 3-Cell 48Wh dan fast charging dengan hanya 49 menit dapat mengisi sampai dengan 60%. Dengan ini kita tidak perlu khawatir apabila berada diluar. Wong baterainya aja tahan lama kok hehehe.

Dengan banyaknya konektivitas dari ASUS Vivobook Pro 570 ini. Membuat kita lebih mudah dalam menyambungkan hardwere lain. Di dalam laptop ini terdapat konektor yang sangat variatif, seperti :

  • USB 3.1 Type A Gen 1 x 1
  • USB-C 3.1 Gen 1 x 1
  • USB 2.0 Type A x 2
  • LAN RJ45 jack x 1
  • HDMI x 1
  • Micro SD Card reader x 1
  • Bluetooth 4.2

yang menjadi perhatian disini adalah USB 3.1. Berbeda dengan USB 2.0, Konektor mutakhir ini memiliki kecepatan transfer paling tinggi saat ini, yaitu mencapat 10Gbps atau disebut sebagai SuperSpeed.

Tidak hanya Graphic card-nya saja, Storage dari laptop ini juga mempunyai dua jenis storage. Yaitu, HDD dan SSD. 

Solid State Drive atau yang lebih familiar dengan istilah SSD merupakan inovasi terbaru dalam bidang penyimpanan data. Banyak sekali keunggulan dari SSD ini, seperti : mempercepat booting komputer,  transfer file lebih cepat, dan lebih hemat daya.

Satu lagi adalah Hard Disk Drive yang mempunyai storage yang sangat besar. Dengan jumlah storage hingga 2TB ini, user tidak perlu khawatir dalam menyimpan file sebesar apapun. Hardisk ini jugalah yang mempengaruhi kinerja dari laptop kita nantinya.

Dengan adanya lampu biru disetiap sisi laptop membuatnya lebih elegan dan nyaman digunakan untuk malam hari. Biasanya gamer seneng banget nih kalau ada yang nyala-nyala kayak gini, iya ‘kan ? wkwkwk

Disamping lampu biru yang keren itu, laptop ini juga terbilang cukup tipis dan ringan. Dengan profile 21.9mm dan berat 1.9kg membuatnya fleksibel untuk dibawa kemana-mana.

Tidak hanya disisinya saja yang ada lampunya. Laptop ini juga dilapisi oleh backlit keyboard yang memungkinkan permukaan keyboard menyala, sehingga sangat nyaman apabila digunakan di malam hari.

Kemudian, terdapat fingerprint pada touchpad ASUS Vivobook Pro F570 ini. Membuat security laptop ini lebih meningkat dan lebih mudah dalam membukanya ketimbang harus mengetik password pada lock screen.

Gimana guys ? keren banget kan ASUS Vivobook Pro 570 ini. ASUS meluncurkan dua varian, yang satunya dengan AMD Ryzen 7 dan satu lagi dengan AMD Ryzen 5 dengan harga masing-masing Rp 13.999.000 dan Rp 11.799.000. Dua-duanya bagus tergantung kebutuhan kamu sebagai penggunanya :).

Sebelum kamu terburu-buru membeli laptop impian, yuk simak dulu tips dalam memilihnya. Saran saya jangan pernah membeli laptop baru sebelum kamu membaca ini yaa guys.

 

Laptop ini memiliki keunggulan dari 2 Graphic Card yang saling mengisi kekurangan satu sama lain. Sehingga memungkinkan kita untuk melakukan multi-tasking. Oleh karenanya laptop ini sangat cocok untuk :

  • Content Creator
  • Youtuber
  • Gamer
  • Mahasiswa
  • Freelancer
  • Programmer

Nah, apakah kalian termasuk salah satu profesi di atas? Kalau iya, laptop yang kalian butuhkan adalah ASUS Vivobook Pro F570. Gaming lancar, ngedit video nyaman, layar lebar dengan resolusi tinggi, dan harga yang sangat terjangkau adalah alasan mengapa kalian harus memilikinya.

Tunggu apalagi? Yuk, miliki segera ASUS Vivobook Pro F570 sekarang juga, dan nikmati sensasi gamingmultimedia, multi-tasking, dan performa super yang lebih menyenangkan bersama ASUS Vivobook Pro F570.

Disclaimer

Artikel ini diikutsertakan dalam “Lomba Blog ASUS VivoBook Pro F570”

Copyright

Teks & Infografis : Muhammad Sultan Reza

Referensi :

  • https://www.asus.com/Laptops/ASUS-Laptop-X570ZD/
  • https://www.asus.com/id/News/4RxxRDeQnEQoJrVf
  • http://www.obengplus.com/articles/4040/1/Perbedaan-USB-31-VS-USB-30-VS-USB-20-terbaru-USB-32-Gen-USB-4.html
  • https://komputeredu.wordpress.com/2016/08/08/kelebihan-dan-kekuragan-vga-nvidia/
  • https://artikel.harizpromosi.com/pengertian-layar-anti-glare/
  • https://www.indoworx.com/ssd-vs-hdd/
  • https://www.quora.com/What-is-a-backlit-keyboard
  • https://freepik.com
About author

Muhammad Sultan Reza biasa dipanggil Surez, Seorang mahasiswa yang sedang mencari jati dirinya dan alasan kenapa dia dihidupkan di dunia ini.